Powered by Blogger.

Bentuk Energi yang dapat diperbaharui

Kebutuhan akan energi sangatlah penting, dan sampai saat ini ketergantungan akan sumber energi yang berasal dari fosil sangatlah tinggi. Padahal bahan bakar fosil lama-lama akan habis dan tidak dapat diperbaharui. Bahan bakar fosil bisa berupa batubara dan minyak bumi. Jika bahan bakar fosil semakin menipis maka yang akan terjadi adalah kelangkaan, dan akhirnya harga dipasaran akan melambung tinggi. Maka dari itu sangat diperlukan sumber energi lain yang bisa menggantikan bahan bakar dari fosil.
Senbenarnya bumi dan alam diseitar kita sudah menyediakan bentuk energi yang lebih ramah lingkungan dan jumlahnya tidak terbatas serta bisa diperbaharui seperti energi cahaya matahari dan energi angin. Sumber energi yang paling besar besar berasal dari matahari baik secara langsung maupun tidak langsung. Sinar matahari atau energi surya dapat langsung digunakan untuk pemanasan dan pencahayaan rumah dan bangunan lainnya. Energi matahari juga dapat menghasilkan listrik yang bisa diubah menjadi bentuk energi lain seperti pemanas atau pendingin. Tentunya diperlukan panel surya dalam hal ini.
Panas matahari juga mendorong angin, yang energinya bisa ditangkap dengan kincir angin. Kincir angin yang dihubungkan dengan generator bisa menghasilkan energi listrik yang disebut pembangkit listrik tenaga angin. Kemudian, angin dan panas juga menyebabkan penguapan sehingga timbullah awan hujan. Ketika uap air ini berubah menjadi hujan dan menuruni bukit menuju sungai energinya dapat ditangkap dengan kincir air yang dihubungkan dengan generator untuk menghasilkan energi listrik. Biasa disebut pembangkit listrik tenaga air.
Seiring dengan turunnya hujan sinar matahari menyebabkan tanaman bisa tumbuh. Bahan organik yang bisa menghasilkan bahan bakar disebut Biomassa. Biomassa dapat digunakan untuk menghasilkan bahan bakar transportasi seperti bio diesel dan juga digunakan untuk bahan kimia. Penggunaan biomassa dalam hal ini disebut bioenergi.
Hidrogen juga dapat ditemukan dalam banyak senyawa organik serta air. Ini adalah elemen yang sangat melimpah di bumi. Namun tidak langsung berbentuk gas. Hidrogen terdapat dalam air bersama sama dengan oksigen. Setelah dipisahkan, gas hidrogen bisa digunakan untuk bahan bakar atau dikonversi menjadi listrik.
Tidak semua sumber energi yang bisa diperbaharui berasal dari matahari, bumi kita juga menghasilkan energi panas yang berasal dari inti bumi biasa disebut energi panas bumi. Energi panas bumi bisa diubah menjadi energi listrik yang selanjutnya bisa dikonversikan kedalam bentuk lain. Selain itu ada pula energi pasang surut yang berasal dari tarikan gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi. Energi yang ada di laut berasal dari banyak sumber. Selain energi pasang surut, ada energi gelombang laut, yang didorong oleh gelombang dan angin. Matahari juga menghangatkan permukaan laut dan menciptakan perbedaan suhu yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Begitu banyak bentuk energi yang berada disekitar kita, sebisa mungkin kita harus memaanfaatkannya.
Back To Top