Powered by Blogger.

Pemanfaatan Energi Angin

Di masa seperti sekarang ini, sumber daya alam di planet kita secara perlahan-lahan sudah mulai habis. Batubara dan minyak bumi sudah mulai mengering. Selain itu, menggunakan energi batubara dan minyak bumi juga menjadi ancaman bagi atmosfer kita. Maka sangat diperlukan sekali adanya energi-energi alternatif untuk menggantikan sumber daya alam yang berasal dari fosil. Salah satu energi alternatif tersebut adalah dengan memanfaatkan energi angin, dengan pemanfaatan yang tepat energi angin bisa menjadi solusi masalah kelangkaan energi. 

Sudah banyak dikembangkan energi yang memanfaatkan energi angin. Selain dapat diperbaharui, energi angin juga menjadi salah satu energi alternatif yang sangat berharga. Sebagai contoh pemanfaatan energi ini adalah kincir angin. Secara teknis cara kerja pemanfaatan energi angin adalah mengubah energi angin menjadi energi kinetis (gerak) untuk menghasilkan listrik. Pemanfaatan energi angin juga dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan kapal-kapal besar dan bahkan pesawat terbang sampai batas tertentu. Rotor cf adalah contoh terbaik penggunaan energi angin secara modern. Sebuah kapal dapat digerakkan untuk jarak yang sangat jauh dengan rotor ini.

Bagian terbaik dari energi angin adalah bahwa angin bisa ditemukan di setiap tempat dan jumlahnya pun tidak terbatas dan angin adalah salah satu energi alternatif paling murni di dunia. Selain ini tidak perlu dilakukan pengeboran atau penggalian seperti beberapa sumber energi lain. Penggunaan energi angin bisa menjadi cara terbaik untuk menjaga bumi kita dari penggunaan energi yang menghasilkan zat berbahaya yang mengancam bumi kita. Ini adalah alasan mengapa kesadaraan untuk pemanfaata energi angin terus digalakkan setiap harinya, yaitu untuk menjaga kelestarian bumi kita. Sampai saat ini penggunaan energi bahan bakar fosil sudah sangat mengancam keberadaan bumi. Padahal perkembangan bentuk-bentuk energi saat ini tidak bisa mengikuti ledakan penduduk dan pertumbuhan industri. Semua masih bergantung dengan keberadaan energi fosil.

Disisi lain, energi angin sangatlah ramah lingkungan dan tidak menghasilkan gas emisi yang bisa memicu efek rumah kaca. Kita tidak boleh lupa bahwa penyebab dari rusaknya lapisan ozon adalah gas rumah kaca. Lapisan ozon sangatlah penting untuk melindungi planet kita dari radiasi sinar ultra violet dari matahari. Menipisnya lapisan ozon di 20 tahun belakangan ini telah meningkatkan pemanasan global. Penemuan ini membantu kita untuk menyadari besarnya masalah dan juga membantu kita memahami pentingnya energi angin. Di satu sisi energi angin digunakan untuk menggerakkan rotor cf, dan disisi lain digunakan untuk memompa air. Tapi yang sangatlah penting adalah pemecahan masalah krisis pencemaran lingkungan dengan diversifikasi energi memanfaatkan energi angin.

Issac Gates adalah penasihat keuangan yang memiliki informasi yang baik tentang tenaga angin & rotor cf. Untuk informasi lebih lanjut ia menyarankan untuk mengunjungi http://www.windagain.com/
Back To Top